Suka Pakai Pomade? Kamu Harus Tahu 5 Fakta tentang Pomade Berikut!

Sat Feb 12 2022

Apakah kamu penggemar pomade? Atau setiap hari harus menggunakan pomade agar tampilan selalu terkesan rapi?

Jika iya, apakah kamu sudah tahu bahwa ternyata pomade juga memiliki beberapa fakta unik yang wajib banget untuk diketahui. Apa sajakah itu? Simak selengkapnya di sini!

1. Pomade Muncul di Abad 19-an

Pomade pertama kali muncul pada pertengahan abad 19-an dan populer pada pertengahan abad 20-an, yang dibuat khusus untuk membentuk potongan rambut bergaya vintage yang populer di tahun 40-an hingga 60-an. Adapun gaya rambut yang populer pada saat itu adalah pompadour yang bercirikan potongan tipis di sisi kepala yang berpadu kontras dengan potongan tebal di bagian rambut atas.

2. Pomade Pertama Kali Dibuat Menggunakan Lemak Hewan dan Buah Apel

Saat pertama kali dibuat pada abad ke 19-an, lemak beruang adalah bahan dasar untuk pembuatan pomade. Sedangkan daging buah apel dipilih sebagai bahan untuk penambah aroma pada pomade. Lalu di awal abad ke-20, bahan lainnya seperti petroleum jelly, lilin lebah, serta lemak babi menggantikan lemak beruang. Tapi kamu tenang saja, karna di zaman yang modern ini bahan pembuatan pomade sudah digantikan dengan yang lebih ‘manusiawi’.

3. Dulu Pomade Hanya Digunakan oleh Kaum Bangsawan

Tahukah kamu bahwa zaman dulu pomade tidak bisa dipakai oleh sembarang orang. Dulu pomade hanya bisa dibeli dan dipakai oleh orang dengan golongan bangsawan dan orang berduit. Hal ini dikarenakan pomade digunakan dengan bahan yang juga terbilang mahal yakni dari lemak beruang.

4. Berbagai Model Rambut yang Cocok Menggunaka Pomade

Setelah abad ke 20-an, tren pomade menciptakan berbagai model rambut. Seperti pompadour, rambut tersapu tinggi ke atas seperti gaya rambut Madame de Pompadour istri King Lous XV. Model rambut lain yang pas dengan pomade adalah quiff. Model ini menggabungkan model pompadour pada 1950-an dan gaya mohawk. Cirinya adalah rambut di bagian depan kepala disikat ke atas.

5. Pomade Water Based Muncul pada Tahun 2001

Karena minyak atau lemak beruang sulit untuk didapat, pomade kemudian dari bahan petroleum jelly, minyak esensial dan wax. Tapi pomade ini juga sulit untuk dibersihkan. Oleh sebab itu, pada tahun 2001 diciptakan lah pomade berbahan dasar air atau water based. Pomade ini tentu saja lebih mudah untuk dibersihkan karena formulanya yang lebih ringan dan tidak terlalu berminyak. (ZH)